Cara Pembuatan Vas Bunga dari Koran Bekas

Kerajinan Koran Bekas

Kerajinan tangan dari koran bekas ---- Pada saat ini banyak sekali media Informasi yang beredar baik itu media elektronik maupun media cetak. hal ini memudahkan kita untuk  mengetahui berita atau perkembangan yang ada, bukan hanya dari dalam negeri bahkan dari luar negeri sekali pun dapat kita ketahui. Pada saat ini kebanyakan orang menggunakan media cetak sebagai sumber berita salah satunya adalah koran sehingga hampir setiap hari mereka membeli koran bahkan berlangganan, masyarakat lebih memilih koran sebagai sumber berita karena koran dirasa lebih santai dalam menikmati berita, biasanya apabila seseorang sedang libur dari aktifitas nya mereka memilih untuk bersantai dengan membaca koran ditemani dengan teh atau kopi hal ini dapat menciptakan suasana yang tentram dan damai (Katanya sihh hihihi).
Vas Bunga dari Koran Bekas
Kerajinan dari koran bekas ---- Akan tetapi penggunaan koran ini dapat menimbulkan limbah yang begitu banyak apalagi apabila kita langganan koran bayangkan saja apabila ada 1000 orang yang berlangganan Koran, maka dengan begitu akan menghasilkan limbah koran bekas sebanyak 1000 koran per hari dan apabila di kalikan kedalam 30 hari maka limbah yang di hasilkan sebanyak 30.000 lembar tentu itu jumlah yang sangat banyak kan. Pada saat ini limbah Koran tersebut hanya digunakan sebagai bungkus gorengan atau paling banter koran bekas tersebut di jual kepada pengepul untuk didaur ulang akan tetapi nilai jual koran bekas tersebut sangatlah murah paling berkisar antara 1000 s/d 1500 per kilo.

Kerajinan dari Koran Bekas ---- Namun tahukah sobat kalau koran bekas tersebut dapat dijadikan barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, koran bekas ini dapat dibentuk menjadi barang-barang yang memiliki manfaat lebih dan juga memiliki nilai ekonomis, diantaranya Vas bunga, Pigura/Frame foto, Tempat Pensil, Tempat Tisue dan masih banyak yang lainnya. pada kesempatan kali ini "kreasiku" akan sedikit mengulas bagaimana cara pembuatan Vas Bunga dari koran bekas. 

Kerajinan Tangan dari Koran Bekas ---- Vas Bunga

Untuk pembuatan vas bunga dari koran bekas ini peralatan yang digunakan hampir sama dengan pembuatan pigura akan tetapi proses pembuatan nya aga berbeda dari pembuatan pigura karena pada proses pembentukan kertas koran untuk pembuatan vas bunga ini tidak di gulung akan tetapi di pelintir pelintir (Linting) sehingga hal ini bertujuan agar mempermudah pembentukan vas bunga pada rangka besi (kawat) berikut adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan Vas Bunga diantaranya :
  1. Kertas Koran / Kertas Bekas
  2. Gunting.
  3. Tang (untuk memudahkan membentuk kawat)
  4. Rangka (bisa dari kawat /besi atau bambu)
  5. Lem Tembak (Lem Bakar) atau bisa juga dengan menggunakan lem kartas biasa
  6. Cat dan Pernish 
  7. Asesoris tambahan.
Langkah-langkah pembuatan vas bunga dari koran bekas ini adalah sebagai berikut :
  1. Potonglah koran menjadi dua bagian yang sama dengan menggunakan gunting
  2. Potongan kertas koran tadi di pelintir (Dilinting) hal ini bertujuan agar memudahkan dalam penganyaman.
  3. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kerangka berbentuk Vas bunga dianjurkan menggunakan Kawat karena bahan dari kawat ini memudahkan kita untuk membentuk Vas Bunga tersebut.
  4. Setelah rangka Vas terbentuk maka sampailah kita pada tahap penganyaman.
  5. Penganyaman dilakukan dari bagian bawah vas hal ini bertujuan agar memudahkan kita dalam proses pengeleman dan memadatkan lintingan kertas.
  6. Apabila langkah No. 5 diatas telah selesai maka sampai lah kita kepada tahap pengecatan dan pemberian pernish.
  7. langkah selanjutnya adalah menambahkan aksesoris sesuai selera anda dengan ini akan menambah keindahan dari vas bunga yang anda buat.
Video Pembuatan Vas Bunga Dari Koran



Demikinan lah beberapa kerajinan tangan dari koran bekas, semoga artikel ini dapat menjadikan koran bekas yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis .terimakasih.


Kerajinan Koran lain nya :

    1. Cara Pembuatan Vas Bunga
    2. Cara Pembuatan Pigura / Frame Foto
    3. Cara pembuatan Tempat Pensil
    4. Cara Pembuatan Tempat Tisue